PENGABDIAN MASYARAKAT KOLABORASI RS AMC MUHAMMADIYAH, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DAN UNIVERSITAS GADJAH MADA

                Hari Sabtu, tanggal 4 Februari 2023 telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat kolaborasi antara FKIK UMY, Universitas Gadjah Mada, serta RS AMC Muhammadiyah. Kegiatan ini mengambil sasaran Driver Ambulans di bawah manajemen LAZISMU dan diikuti oleh 30 peserta perwakilan dari masing-masing daerah. Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini mengambil tema “Skema Integrasi Pelatihan Prehospital Para Tim Ambulans Mandiri Kota Yogyakarta”. Tema ini diambil karena mendasari pada kebutuhan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan para driver ambulans sebagai penolong pertama bila menjumpai kegawatdaruratan di masyarakat.

Kegiatan ini terbagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi Meet the Expert dan Skill Station. Pada sesi Meet the Expert, peserta diberikan pengetahuan mengenai tiga topik utama, yaitu

  1. Mengenal Kegawatan dan Tata Laksana Prehospital oleh dr. Bowo Adiyanto, Sp.An., M.Sc., KIC
  2. Bantuan Hidup Dasar Tenaga Non Medis oleh dr. Pinter Hartono, MM., Sp.An
  3. Skema Integrasi Prehospital dan Pengaplikasiannya di Komunitas oleh dr. Nova Maryani, MMR., Sp.An

Setalah sesi penyampaian materi, masing-masing peserta akan diberikan pelatihan mengenai basic life support (BLS), manajemen jalan nafas sederhana dan vital sign, serta balut bidai sederhana. Harapannya, dengan diberikannya pelatihan ini maka ada peningkatan pengetahuan dan ketrampilan sehingga potensi survival korban dapat lebih ditingkatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Instagram
WhatsApp